DUTA MODERASI BERAGAMA: YAHYA SUDAH SIAP DENGAN AKSINYA

25-06-21 Osim MAN 2 Banda Aceh 0 comment

WhatsApp Image 2021 06 25 at 23.29.27 269x300 - DUTA MODERASI BERAGAMA: YAHYA SUDAH SIAP DENGAN AKSINYA

MAN 2 Banda Aceh-HUMAS. Setelah lolos tahap pertama seleksi Duta Moderasi Beragama Tahun 2021 yang diadakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, Yahya sudah siap dengan aksinya.

Kamis, 24 Juni 2021, Yahya telah mempresentasikan program yang dibuatnya di depan para dewan juri. Rencana aksi berjudul camp moderate students: cultural exchange program. Presentasi dilakukan secara virtual, melalu aplikasi Zoom.

“Ya pak, sudah selesai. Alhamdulillah lancar, tidak ada kendala. Presentasi diberikan waktu 5 menit untuk setiap peserta. Kata dewan juri, saya (presentasi) 5 menit kurang 3 detik, di stopwatch dewan juri.” Ujarnya setelah presentasi.

Redaksi juga menanyakan kepada Yahya tentang pertanyaan yang diajukan oleh dewan juri, dia menjawab dengan semangat:

“Saya jawab semua pak, salah satunya ditanyakan apakah saya yakin dengan program aksi ini. Saya jawab yakin. Karena aksi ini didukung oleh kepala madrasah dan dewan guru. Dan kita mengundang pemateri handal untuk melatih para pelajar Aceh tentang moderasi beragama. Itu kurang lebih jawaban saya pak.”

Seleksi Duta Moderasi Beragama tingkat nasional, disebut juga Duta Harmoni, diselenggarakan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia. Proses pendaftaran dimulai dari pemberkasan, menulis essay, dan membuat video presentasi yang dipublikasikan di youtube sejak tanggal 1-30 Mei 2021.

Setelah presentasi selesai, Yahya langsung disambut oleh Kepala Madrasah dan Waka Kesiswaan.

“…kamu telah memberikan yang terbaik. Kami doakan semoga sukses.” Ujar Kamad MAN 2, Drs. Fardial

Bapak Fardial juga menyampaikan bahwa program yang dibuat Yahya, adalah kegiatan dari OSIM MAN 2. Yang didukung oleh semua elemen madrasah.

“Kita harapkan OSIM MAN 2 memang harus aktif seperti ini. Harus ada kegiatan-kegiatan untuk mengembangkan potensi mereka. Program ini sangat bagus. Ini terjadi karena koordinasi baik terjalin antara siswa dan pimpinan. Tentu kegiatan ini juga didukung oleh semua elemen madrasah.” Ujarnya pada sesi terpisah.

Yahya sedang duduk di kelas X Bahasa MAN 2 Banda Aceh. Pelajar yang berasal dari Aceh Tenggara ini menyenangi kegiatan perlombaan. Dari data profil yang redaksi terima, ia telah beberapa kali meraih juara perlombaan, misalnya juara 1 pidato, juara 1 cerdas cermat. Pernah ikut lomba debat Bahasa Inggris, dan telah mengikuti pelatihan dasar kepemimpinan.

“Semoga berhasil lolos tahap selanjutnya. Kita tunggu pengumuman. Apapun hasilnya nanti, dia (Yahya-red) telah bekerja maksimal. Kita doakan semoga dipilih menjadi menjadi duta moderasi beragama.” Ujar Waka Kesiswaan, Drs. Ridhwan.

Menurut informasi yang redaksi peroleh, pengumuman lolos tahapan selanjutnya akan diinformasikan melalui website dan whatsapp group panitia dan peserta.



Leave a reply

thirteen + 18 =