Ingin berprestasi, hindari menunda-nunda tugas yang diberikan Guru

23-02-21 Osim MAN 2 Banda Aceh 0 comment

3 150x150 - Ingin berprestasi, hindari menunda-nunda tugas yang diberikan Guru
Keterangan gambar: Rafie Nusair, menerima sertifikat dan uang pembinaan dari Kanwil Kemenag Prov. Aceh atas Juara 3 KSMO 2020.

Profil Ringkas:

Nama: Rafie Nusair

Kelas: XII MIA 1

Tempat tanggal lahir: Banda Aceh / 26 Agustus 2003

Nama orang tua:

Ayah: Azhari

Ibu: Zahriana

Anak Ke 2 dari 3 bersaudara

Hobi: Membaca, panahan

Cita-cita: Dokter

Sesi wawancara siswa:

“Ingin berprestasi, menghindari tanggung jawab-nunda tugas yang diberikan Guru”

Rafie Nusair, dipanggil Rafie, adalah siswa MAN 2 Banda Aceh yang berprestasi. Menariknya, prestasinya terus meningkat seiring usia dan jenjang kelasnya. Ia setiap tahun meraih prestasi yang paling rendah sampai paling tinggi di kelasnya. Rafie, sebagai seorang siswa yang memiliki hobi membaca ini, yang mempunyai cita-cita besar nanti, yaitu ingin menjadi dokter. Kita berdoa ia dapat mencapai cita-citanya tersebut. Ingin mengenal Rafie lebih dekat, berikut ini petikan wawancara dengannya:

Apa yang mendorong kamu memilih sekolah di MAN 2?

Awalnya saya sekolah di MAS Riab, beberapa bulan kemudian saya pindah ke MAN 2. Jadi semester 1 kelas 1 saya sudah di MAN 2. Saya memilih MAN karena sekolah agama, karena MAN 2 ada pelajaran agama dan umum.

Bisa peringkat kelas yang kamu peroleh hingga sekarang?

peringkat kelas saya, alhamdulillah di kelas X semester 1 dan 2 saya berada di peringkat 7. Lalu saat berada di kelas XI semester 1 saya berada di peringkat 2 dan semester 2 Alhamdulillah saya berada di peringkat 1. Terus di kelas XII ini pada semester 1 Alhamdulillah saya berada di peringkat 1.

 

Bagaimana cara belajar yang kamu terapkan selama ini, sehingga memperoleh prestasi?

Cara belajar saya mungkin sama dengan cara belajar orang-orang pada umumnya, namun saya mungkin lebih suka belajar saat jam-jam tertentu seperti sebelum shubuh atau sesudah shubuh, dan juga saya teringat kata kata ustadz saya yaitu orang yang menghafal Al-Qur’an tidak Akan bodoh jadi mungkin salah satu yang membuat saya lebih cepat dalam menyerap pelajaran adalah karena saya juga menghafal Alquran

Lantas, peringkat dari peringkat kamu sejak awal, hal apa yang mendorong kamu sehingga peringkat kelas terus meningkat?

Alhamdulillah peringkat saya dari kelas satu sampai kelas Tiga memang meningkat. Salah satu faktor pendukungnya adalah orang tua dan kesungguhan dalam menuntut ilmu, mungkin banyak dari kita yang menuntut ilmu tidak menuntut doa dari kedua orang tua, namun itu salah. Karena sudah semestinya kita meminta doa kepada orang tua agar Allah memudahkan kita dalam membahagiakan mereka dan memudahkan kita dalam menggapai cita-cita kita. Dan salah satu motivasi saya agar saya bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu adalah kebahagiaan kedua orang tua saya. Dan banyak dari kita yang meremehkan tugas-tugas yang diberikan oleh guru dengan tanggung jawab dalam laporan. Hal tersebut harus dihindari jika kita ingin mendapatkan prestasi.

Selain prestasi kelas, apalagi prestasi yang kamu peroleh?

Alhamdulillah saya pernah juara 3 Cerdas Cermat Agama bersama 2 teman saya di SMAN 7 Banda Aceh. dan Alhamdulillah baru-baru ini saya mendapat juara 3 Kompetisi Sains Madrasah Online tingkat provinsi, pada bidang Kimia.

 

Apa motivasi terbesar kamu dalam belajar?

Seperti yang saya pernah singgung tadi, bahwa salah satu motivasi saya dalam belajar adalah membahagiakan dan membuat orang tua, dan juga saat saya sukses tidak ada orang yang lebih bahagia selain kedua orang tua saya.

Apa bisa pelajaran pelajaran apa yang paling kamu senangi? Apa hobi kamu selama ini?

Rata-rata semua pelajaran saya senangi seperti pelajaran agama dan pelajaran umum. Namun pelajaran umum yang paling saya senangi adalah matematika dan kimia. Dan di Pelajaran Agama adalah Pelajaran SKI dan Al-Qur’an hadis.

Hobi saya saat ini adalah membaca buku-buku agama dan bermain panahan,

Cita-cita kamu apa?

Salah satu cita-cita saya sedari kecil adalah menjadi Dokter.

Mengapa kamu memilih cita-cta tersebut, apa jurusan yang kamu ambil nanti waktu kuliah?

Saya memilih cita-cita salah satunya karena Dokter dapat membantu orang banyak. Saya juga terinspirasi oleh salah satu ustadz yang beliau merupakan seorang dokter namun tetap berdakwah melalui ilmu kedokteran yang beliau miliki. Jadi setiap orang wajib berdakwah, mungkin saya akan berdakwah melalui jalur ilmu kedokteran yang insyaallah saya miliki nanti. Karena itu, Insyaallah Jurusan yang akan saya ambil adalah jurusan kedokteran

Apa pesan untuk teman-temanmu, atau pun adik kelas, agar dapat meraih prestasi?

Pesan yang dapat diberikan adalah belajarlah sungguh-sungguh dengan motivasi bahwa dengan meraih prestasi maka orang tua kita lah yang akan mendapatkan kebahagiaan dan kebanggaan yang terpisah. Dan juga saya memberikan pesan untuk diri saya sendiri dan teman-teman sekalian yaitu kejarlah akhirat sehingga dunia akan mengikuti mu, artinya dahulu akhirat dunia, insyaallah segala sesuatu yang engkau inginkan pasti akan terwujud.

Menurut Rafie, kebahagiaan dan kebanggaan orang tua adalah satu bentuk motivasi bagi dirinya dalam belajar. Dengan motivasi tersebut ia memperoleh prestasi di Madrasah. Selain itu menurutnya, hal yang menjadi sukses kelak adalah tidak memperhatikan-nunda untuk membuat tugas yang diberikan oleh guru.



Leave a reply

two × 4 =