Sesi Wawancara Siswa; Semakin Banyak Anda Membaca, Semakin Banyak Anda Tahu

03-02-21 Osim MAN 2 Banda Aceh 0 comment

Qurata Siswi MAN 2 BANDA ACEH 225x300 - Sesi Wawancara Siswa; Semakin Banyak Anda Membaca, Semakin Banyak Anda Tahu

 

Profil Ringkas:

Nama: Qurrata’ain

Kelas XII BAHASA MAN 2 Banda Aceh

Tempat Tgl. lahir: Beuradeun, 13 Okt 2003

Nama orang tua,

Ayah: M. Hasan Ali

Ibu: (Almh) Darmawati

Anak ke-7

Hobi: Membaca

Cita-cita: Guru

 

 

Sesi wawancara siswa:

“SEMAKIN BANYAK ANDA MEMBACA, SEMAKIN BANYAK ANDA TAHU”

Qurrata’aini, panggilan Qurrata, adalah siswa MAN 2 Banda Aceh yang berprestasi. Ia setiap tahun meraih juara umum. Gadis yang memiliki hobi membaca ini memiliki kiat-kiat khusus agar sukses dalam belajar. Berikut ini petikan wawancara dengannya:

Apa yang mendorong kamu memilih sekolah di MAN 2?

Saya memilih sekolah di MAN 2 karena ada kemauan diri sendiri dan juga ada hubungan dari orang tua. Karena sudah dapat Ridha dari orang tua, maka semakin kuat tekad saya untuk melanjutkan sekolah di MAN 2, karena saya yakin, jika orang tua sudah Ridha maka pasti Allah akan mempermudah Setiap urusan yang harus saya jalani.

Bagaimana cara belajar yang kamu terapkan selama ini, sehingga memperoleh prestasi?

Saya belajar secara santai tetapi serius, dan saya juga membagi waktu antara pelajaran dan menghafal, biasanya saya mengingat hanya beberapa menit saja pada waktu siang, dan pada malamnya setelah pulang dari tempat pengajian, dan saya juga membagi waktu untuk menghafal pada waktu subuh, Karena menurut saya, pada waktu subuh pikiran kita masih segar dan mudah untuk menerima hafalan.

Apa motivasi terbesar kamu dalam belajar?

Motivasi saya belajar karena saya ingin menjadi orang sukses dan ingin membahagiakan orang tua yang dulunya telah bersusah payah dalam menyekolahkan anaknya.

Apa pelajaran apa yang paling kamu senangi? Dan apa hobi kamu selama ini?

Pelajaran bahasa Arab salah satu pelajaran yang paling saya senangi. Hobi saya adalah membaca. Cita-cita saya ingin menjadi seorang guru.

Jika kamu memiliki cita-cita menjadi guru, apa jurusan yang kamu ambil nanti waktu kuliah?

Saya ingin kuliah di UIN jurusan Bahasa Arab, disamping itu saya juga ingin kuliah di jurusan PGSD.

Apa pesan untuk teman-temanmu, atau pun adik kelas, agar dapat meraih prestasi?

Pesan saya untuk kawan-kawan, rajin-rajinlah belajar dan pergunakanlah waktu sebijak-bijaknya dan jangan pernah putus asa dalam menggapai cita-cita. Dan ingat! Sering-seringlah membaca karena semakin banyak anda membaca, semakin banyak anda tahu. Semakin banyak tahu, semakin anda sering belajar. Semakin banyak belajar, akan semakin berilmu. Maka dari itu anda harus membaca.

Menurut Qurrata, pembukuan waktu dengan baik adalah meraih prestasi, dan subuh hari adalah waktu yang paling bagus untuk belajar dan menghafal. Selain itu menurutnya, membaca adalah gerbang kesuksesan karena membaca cakrawala berpikir dan menambah wawasan sehingga dapat meraih cita-cita yang diinginkan.



Leave a reply

5 × two =